Penerapan Smart System Konveyor Pemilih Buah - Buahan Menggunakan Mikrokontroller Arduino

Authors

  • Muhammad Irfan Sarif Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Supiyandi Universitas Pembangunan Panca Budi
  • M Khori Pratama Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v5i1.204

Keywords:

Sistem Cerdas, Konveyor, Teknologi, Sensor, Mikrokontroller

Abstract

Kemajuan teknologi komputer telah menyentuh sektor pertanian dan telah digunakan di hampir semua tahap produksi, mulai dari tahap pengolahan lahan, penanaman, hingga pascapanen. Penggunaan teknologi yang tepat dan efektif selama periode pascapanen dapat memberikan manfaat yang efisien untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produk pertanian. Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknik manual untuk menyortir buah diganti dengan mesin yang dilengkapi dengan teknik komputer visi dan kecerdasan buatan. Para peneliti dan penemu merancang berbagai mesin yang berbeda untuk buah untuk mengurangi usaha manusia. Desa Doulu merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Brastagi Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara yang cukup di kenal karena memiliki objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Sebuah desa yang menyajikan lokasi objek wisata di Desa tersebut menampilkan pesona alam yang cukup menakjubkan untuk para wisatawan local maupun mancanegara. Desa Doulu memiliki banyak tempat lokasi perkebunan berbagai jenis buah-buahan yang ditanam petani desa tersebut, hal ini yang menjadikan daya tarik objek wisata yang cukup baik dan menyehatkan untuk wisatawan. Permasalahan yang didapat dari tersebut tersebut ialah petani cukup kerepotan pada saat musim panen buah-buahan yang mereka tanam begitu cukup melimpah sehingga menyulitkan para petani untuk memilih satu persatu buah-buahan yang mereka panen dari kebun yang ada  di Desa Doulu Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo.  Hal ini dibutuhkan teknologi yang dapat mempermudah para petani buah-buahaan untuk mensortir jenis buah-buahan yang mereka tanam di Desa Doulun Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Sehingga para para petani buah-buahan yang ada di Desa Doulu tetap dapat mengoptimalkan waktu dalam hal menyortir jenis buah-buahan yang mereka panen. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis akan membuat sebuah penelitian untuk mendeteksi jenis buah-buahan yang akan disortir berdasarkan jenis buah yang ada di Desa Doulu. Sistem cerdas yang dikembangkan pada penelitian ini akan menggunakan mikrokontroller arduino dan beberapa sensor yang dapat memilih jenis buah-buahan tersebut.

References

Jufriyanto, Jufriyanto, et al. "Rancang Bangun Media Pembelajaran Penyortiran Benda Berbasis Mikrokontroler." Joule (Journal of Electrical Engineering) 1.1 (2020): 32-40..

Arduino, 2018, Servo, Online https://www.arduino.cc/en/Reference/Servo, Arduino,diakses 28 Maret 2018

Malvino, Albert Paul, Prinsip-prinsipElektronika, Jilid 1 & 2, Edisi Ketiga, Penerbit: Salemba Teknika, Jakarta, 2003.

Lutfi M, 2017, DataSheet Arduino Mega 2560, Didapat dari: eprints.polsri.ac.id, 2017.

Cooper, William D, Instrumentasi Elektronik Dan Teknik Pengukuran, Edisi Kesua, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1999.

Putra, A. R., & Susilo, A. (2018). Perancangan Dan Implementasi Robot Pemadam Api Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560. Jurnal Teknologi Informasi, 4(2).

Rofifah, D. (2020). DASAR SISTEM KENDALI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Sutedio, Efendi, Z., & Mursyida, D. M. (2016). Rancang Bangun Modul DC – DC Converter Dengan Pengendali PI. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya - ITS.

Wahid Ibrahim, A., Wahyu Widodo, T., & Wahyu Supardi, T. (2016). Sistem Kontrol Torsi pada Motor DC. IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems), 6(1). https://doi.org/10.22146/ijeis.10775

Amin, M., & Novelan, M. S. (2020). Sistem Kendali Obstacle Avoidance Robot Sebagai Prototype Social Distancing Menggunakan Sensor Ultrasonic dan Arduino. InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 05(01).

Kurnia, D., Mardiati, R., Effendi, M. R., & Setiawan, A. E. (2019). Rancang Bangun Robot Pemadam Api Menggunakan Kontrol Bluetooth dan Virtual Reality. TELKA - Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi Dan Kontrol, 5(2). https://doi.org/10.15575/telka.v5n2.139-146

Listianto, R. D., Sunardi, S., & Puriyanto, R. D. (2019). Monitoring Tegangan Baterai Lithium Polymer pada Robot Sepak Bola Beroda secara Nirkabel. Buletin Ilmiah Sarjana Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.12928/biste.v1i1.826

Ndruru, S. T. C. L. (2019). Pengembangan biopolimer elektrolit padat berbasis paduan turunan selulosa berisi cairan ion untuk aplikasi baterai ion litium disertasi. Dissertation Institut Teknologi Bandung, 30515002.

Downloads

Published

25-04-2023

How to Cite

Irfan Sarif, M., Supiyandi, & Pratama, M. K. (2023). Penerapan Smart System Konveyor Pemilih Buah - Buahan Menggunakan Mikrokontroller Arduino. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 5(1), 73–77. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v5i1.204

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)